Senin, 16 November 2015

Teatrikal Pertempuran Surabaya 10 Nopember 1945 di Parade Juang 2015

Parade Juang 2015 Surabaya 

Parade Juang 2015 kali ini kembali menggelar aksi teatrikal Pertempuran Surabaya 10 Nopember 1945. Dengan mengambil tema utama pertempuran di alun alun Contong. Salah satu titik pertahanan yang mendapatkan gempuran hebat dari tentara Inggris dari darat, laut dan udara.



Pertempuran di Alun-alun Contong 

Mengutip dari laman website Roodebrug :

Pertempuran di Alun-Alun digambarkan sebagai berikut :
.................keadaan di alun alun contong sangat memprihatinkan, para korban berjatuhan dan kelompok PMI sama sekali tak berdaya menolong akibat pengeboman yang terus menerus terhadap area itu, genangan darah, potongan potongan tubuh bercampur dengan suara erangan kesakitan dan dentuman tembakan artileri inggris.............


Reka Ulang Pertempuran 10 Nopember 2015

Dengan menggunakan baju dan asesoris yang otentik, bersama komunitas Roodebrug dan para penggiat Sejarah kepahlawanan serta Reenaktor Indonesia berkumpul di Surabaya untuk memperingati hari Pahlawan 10 Nopember 1945. Aksi Teatrikal Reka Ulang tersebut berlangsung di sepanjang jalan utama Surabaya mulai Tugu Pahlawan, Alun-alun Contong, Tunjungan, Pemuda, hingga Balaikota  dengan menempuh jarak sekitar 3 km.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar