Minggu, 22 November 2015

Benteng - Benteng Surabaya


Benteng Kedung Cowek

Diskusi Buku Benteng - Benteng Surabaya

 Pada hari Sabtu , 21 Nopember 2015 berlangsung acara diskusi buku "Benteng-Benteng Surabaya" di House of Sampoerna. Acara tersebut dihadiri oleh penulis buku Benteng-Benteng Surabaya yaitu mas Ady Setyawan serta beberapa peserta penggiat sejarah di kota Surabaya dan sejumlah wartawan.

Di acara tersebut mas Ady melakukan presentasi materi dari buku tersebut. Juga diungkapkan bahwa Benteng Pertahanan di Surabaya sudah mulai dibangun oleh Belanda di awal tahun 1800an. Data tersebut berdasarkan cetak biru yang diperoleh oleh Ady Setyawan dari Perpustakaan  Nasional Belanda.

Awal dari pencarian tentang Benteng-Benteng Belanda di Surabaya tersebut sebenarnya bermula dari keinginan Ady untuk mencari tahu tentang sejarah keberadaan Benteng Kedung Cowek yang hingga kini masih kokoh berdiri namun tak terawat di pesisir utara kota Surabaya. Bersama sahabatnya Marjolein, Ady berangkat di tahun 2011 menuju Belanda. Walaupun tidak mewakili institusi apapun , Ady dan Marjolein berhasil meyakinkan pegawai di Perpustakaan Nasional Belanda untuk membantu mereka menemukan data tentang Benteng Kedung Cowek Surabaya.

Setelah berhasil menemukan Cetak Biru tentang Benteng Kedung Cowek. Ady juga menemukan data bahwa di Surabaya juga berdiri benteng-benteng pertahanan peninggalan Belanda yang lain. Jumlahnya terdapat 11 Benteng dan Benteng-Benteng tersebut tersebar di Surabaya serta satu Benteng di Gresik.

diskusi buku benteng-benteng surabaya

berlanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar